Sabtu, 06 April 2013

BERSUKACITA,BERDOA & TETAP MENGUCAP SYUKUR

Bersukacitalah senantiasa. Tetaplah berdoa. Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.- 1 Tesalonika 5:16-18


ada 3 hal penting yang hendak disampaikan oleh ayat tersebut.

1. bersukacita senantiasa
2. tetap berdoa
3. mengucap syukur

mungkin ketiga hal tersebut kelihatannya mudah untuk dilakukan, tapi aku lantas tersadar apa memang aku bisa melakukan ketiga hal tersebut sekaligus dalam segala hal?
nah loh?
dalam segala hal-nya sengaja aku underline dan aku miringkan karena memang itulah sebenarnya yang menurutku bermasalah.

orang memang sering kali dapat mengucap syukur, dapat berdoa, dan bahkan bersukacita di saat yang bersamaan ketika dia sedang dalam kondisi baik-baik saja. Misalkan saja saya  mendapat nilai UAS A untuk semua mata kulia pastilahsaya  langsung bergembira, langsung bisa mengatakan "Puji Tuhan"  ataupun langsung berdoa mengucap syukur karena Tuhan telah menyertai saya selama UAS hingga  memperoleh hasil yang maksimal. mudah sekali kan untuk melakukan ketiga hal tersebut ketika keadaannya baik-baik saja?

sekarang kita balik, bagaimana bila saya yang sudah belajar mati-matian untuk UAS, namun rupanya mendapat nilai di bawah teman-teman saya yang mungkin berbuat curang? mungkin saya langsung sebel, kesal, dan bahkan bilang "Tuhan, kok gak adil sih? aku gak nyontek tapi dapat jelek sedangkan temanku yang nyontek malah dapat nilai A"
nah loh?

seringkali kita mudah bersuka, mudah untuk tetap setia berdoa padaNya, dan mudah untuk mengucap syukur atas hal-hal BAIK yang terjadi dalam hidup kita. dan ketika hal-hal BAIK tadi belum Tuhan ijinkan terjadi dalam hidup kita bukankah kerjaan kita biasanya hanya menggerutu ini dan itu, marah sama Tuhan, bahkan kecewa?

ah aku jadi kepikiran, seandainya Tuhan udah capek sama kita semua yang kadang mau enaknya aja mungkin suatu saat nanti Dia akan berkata "Ah dasar gak tau terimakasih lo."
kalo udah kayak gini mungkin Dia bakal nyentil kita satu per satu trus lenyaplah kita semua.
tapi Allah kita masih sabar  dan tetap mengasihi kita.
Dia gak pernah lelah kasih yang terbaik buat kita karena memang gak ada sesuatu apapun yang buruk di berikanNya pada kita. bahkan yang buruk sekalipun nantinya akan diubah olehNya menjadi kebaikan . gak percaya? tunggu aja waktuNya. Tuhan aja gak pernah mengeluh walaupun kita cerewet banyak maunya.
makanya selagi kita menunggu waktuNya tiba kita masih tetap harus bersukacita, berdoa, dan bersyukur. hal baik, hal buruk, semuanya harus tetap kita lalui dengan penuh sukacita dan ucapan syukur. kalau Tuhan mengijinkan semua itu terjadi dalam kehidupan kita percaya aja deh sama Dia. segala sesuatu akan baik-baik saja kok. karena Tuhan beserta kita :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar